Students’ Reading Habit and Its Effect on Academic Performance: A Study of Management Students STIE Widya Dharma, Pontianak

Authors

  • Udur Delima Sibatuara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca dan pengaruhnya terhadap prestasi/hasil belajar mahasiswa manajemen STIE Widya Dharma, Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner terstruktur. Temuan-temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kebanyakan membaca novel sebagai bahan bacaan mereka. Sumber bacaan yang digunakan siswa untuk memperbarui pengetahuan mereka kebanyakan adalah buku dan juga dari hasil browsing internet dan hanya beberapa siswa yang mengambil sumber dari jurnal dan majalah. Menurut penelitian ini, mahasiswa tidak terbiasa meluangkan waktu untuk membaca. Berdasarkan tujuan membaca, siswa kebanyakan membaca untuk kesenangan, pengembangan diri, dan untuk penyelesaian tugas kuliah. Hasil survey menyatakan bahwa siswa cenderung hanya sesekali mengunjungi perpustakaan. Survei ini juga menemukan bahwa kebanyakan siswa lebih memilih media sosial sebagai aktivitas utama mereka dan hanya sejumlah kecil yang suka membaca buku pada waktu senggang. Kebiasaan membaca siswa, sebagian besar dinyatakan bahwa mereka membaca hanya sebagai kebutuhan, mereka lebih suka membaca buku elektronik daripada buku cetak. Namun mahasiswa setuju bahwa ada pengaruh membaca terhadap prestasi/hasil belajar. Faktor utama yang menjadi penghalang dalam kebiasaan membaca adalah dengan adanya media sosial misalnya Facebook, Whatsapp, line, Instagram, dan lain-lain.

Downloads

Published

2018-06-04

Issue

Section

Articles