Hubungan Word of Mouth dan Penciptaan Customer Value terhadap Kinerja Pemasaran
(Studi Kasus UMKM Kuliner Jalan Gajahmada di Pontianak)
Kata Kunci:
word of mouth, customer value, kinerja pemasaranAbstrak
Wisata kuliner dewasa ini menjadi trend dikalangan masyarakat kota Pontianak. Dukungan pemerintah dengan menetapkan Jalan Gajahmada Pontianak sebagai kawasan wisata kuliner tentunnya memberikan angin segar bagi pelaku UMKM Kuliner di Kota Pontianak. Banyaknya pelaku UMKM sejenis tentunya memberikan kesulitan bagi konsumen untuk memilih gerai mana yang akan mereka kunjungi. Adanya referensi dari konsumen yang puas tentunya akan memberikan pengaruh bagi usaha UMKM. Untuk itu enting sekali pelaku UMKM melakukan pendekatan strategi word of mouth dan menciptakan nilai pelanggan yang baik agar konsumen mereka dapat membantu dalam peningkatan kinerja pemasaran usaha. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel word of mouth dan penciptaan customer value dapat mendorong peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM Kuliner di sepanjang Jalan Gajahmada Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Kuliner di sepanjang Jalan Gajahmada Pontianak yang berjumlah 115 pelaku usaha. Teknik penentuan jumlah sampel dan metode penarikan sampel menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 26. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan penciptaan customer value secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan penciptaan customer value berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Referensi
Abdullah, T. & Tantri, F. (2017). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Charviadi, A., Noviany, H., Suhartini, Y., Wijaya, A., & Abdullah, M.A.F. (2023). Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing). Jawa Tengah: CV Eureka Media Aksara
Eka, D., & Hamdaini, Y. (2017). Pengaruh Customer Value terhadap Purchase Decision Melalui Beauty Blogger di Youtube (Studi Pada Pelanggan Kosmetik Local Brand di Sumatera Selatan). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(4), 183-196.
Ekawaty, N., Athallah, D. H., & Anwar, F. N. A. (2020). Dampak Inovasi Produk dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Menabung: Survei pada Nasabah Bank Muamalat Karawang. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 01-11.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi. Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWDP.
Fawzi, M.G.H., Iskandar, A.S., Erlangga, H., Nurjaya., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tanggerang Selatan: Pascal Books
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media
Fitriani, L. K. (2019). Analisis Modal Relasional, Kapabilitas Inovasi Produk dan Daya Tarik Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kreatif di Wilayah Tiga Cirebon. Syntax Literate, 4(10), 61-67
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, F., Kurniullah, A.Z., Efendi, M.B., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Simarata, S.H.M.P., Permadi, L.A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
Itasari, A. A., Hastuti, N. H., & Supriyadi, A. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ettisal: Journal of Communication, 5(2), 260-271.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 2502-1419.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
Kurniawan, Y., & Mashariono, M. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Zahra Catering. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(1)
Maisirata, P. (2022). Analisa Pengaruh dari Orientasi Pesaing, Kinerja Layanan Serta Daya Tarik Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pengusaha UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak). Mabis, 13(1).
Maskartini. (2018). 43 CU di Bawah Naungan BKCU Kalimantan Kelola Aset Rp 6,5 Triliun. Diakses dari https://pontianak.tribunnews.com/2018/11/28/43-cu-dibawah-naungan-bkcu-kalimantan-kelola-aset-rp-65-triliun#google_vignette, 6 November 2023
Mirza, T.K., Sudjatno, S., & Sunaryo, S. (2018). Peran Nilai Pelanggan, Preferensi Merek Islami, dan Citra Terhadap Keputusan Deposito. Jurnal Keuangan dan Perbankan , 22 (2), 350a
Muri, M. (2021). Analisis Pengaruh Word of Mouth dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Gemalaq Kemisiq Ketapang. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 6(2), 445-456
Mutmainnah, N. A., & Solekah, N. A. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Pelanggan Pada BMT Babussalam Mojoagung Jombang. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(2).
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).
Naufal, R. A., & Ferdinand, A. T. (2015). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Daya Tarik Produk dalam Upaya Meningkatkan Minat Membeli Sepeda Motor Suzuki Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 478-488.
Nurlatifah, S. Z., & Masykur, R. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Word of Mouth (Wom) dan Produk Pembiayaan Syariah Terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Anggota (Nasabah) pada Baitul Tamwil Muhammadiyah (Btm) Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 163-184.
Pemerintah Indonesia. (1992). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Lembaran Negara RI Tahun 1992 Nomor 25. Sekretariat Negara. Jakarta.
Priansa, D.J. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Puspita, V. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di Bank Bri Cabang S. Parman Bengkulu. Creative Research Management Journal, 3(1), 41-50.
Putra, R.M.S. (2021). 26 Tahun CU Banuri Harapan Kita dari Batang Tarang Untuk Bangsa. Tanggerang: Lembaga Literasi Dayak Karawaci.
Rasyid, R. A., Moniharapon, S., & Trang, I. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Ricke, F. (2022). Analisis Pengaruh Promotion Mix, Daya Tarik Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Keling Kumang TP Simpang Empat Kayu Lapis Kab. Sekadau. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 7(5), 961-972.
Risnawati, R., & Syaparuddin, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Milenial di Kabupaten Bone). Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi, 13(1), 1-19.
Ruhamak, M. D., & Syai’dah, E. H. (2018). Pengaruh Word of Mouth, Minat Konsumen dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus di Area Kampung Inggris Pare Kediri). Ekonika: Jurnal ekonomi universitas kadiri, 3(2), 14.
Saleh, Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media
Setianingrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. AndiOffset
Simorangkir, R. (2020). Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan menjadi Anggota pada CU Keling Kumang BP Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 5(7), 1426-1435.
Sitorus, O. & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho'in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443-450.
Sutisna, & Susan, M. (2022). Perilaku Konsumen Sebagai Dasar Untuk Merancang Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.
Yanti, C. (2023). Analisis Pengaruh Citra Koperasi, Nilai Pelanggan, dan Kepercayaan Anggota Terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Keling Kumang Cabang Ahmad Yani di Pontianak. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 8(1), 130-140.
Yanti, D. (2023). Analisis Pengaruh Word of Mouth Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Menabung Credit Union Di Kecamatan Nanga Tempunak. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 8(3), 521-529.
Zahra, G. A. (2019). Analisis Persepsi Kualitas dan Nilai di Bank Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menabung (Studi Kasus di Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 163-174.
Zebua, B. J. Z., & Andronicus, M. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Sumut. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 3(1), 65-79.