Analisis Keputusan Pembelian terhadap Pengusaha Kecil

(Studi Kasus Pada Pedagang Nasi Campur di Kota Pontianak)

Penulis

  • Andry Lindi Lim Universitas Widya Dharma Pontianak-Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian Terhadap Pengusaha Kecil

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model konseptual untuk meneliti bagaimana hubungan variabel Harga Kompetitif, Inovasi Produk, dan Daya Tarik Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada pengusaha kecil di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha kecil (Studi Kasus pada Pedagang Nasi Campur di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 26. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi), uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara harga kompetitif, inovasi produk dan daya tarik lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen.

Referensi

Abubakar, R. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 250-259.

Assauri, S. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Edisi Revisi, (2016). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bachtiar, F., & Meliyati, M. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Pengrajin Ikan Asin di kawasan Lhong Aceh Besar). Jimma: Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 10(1).

Dalimunthe, M. B. “Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk.” Jurnal Fakultas Ekonomi3.1 (2017): 2407-2648.

Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 3(2), 266-277.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I.. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

https://diskopukm.kalbarprov.go.id/

https://diskumdag.pontianak.go.id/

https://kalbar.bps.go.id/id/statistics-table?subject=523

https://kalbar.bps.go.id/id/statistics-table/2/Mjk3IzI=/rata-rata-pengeluaran-per-kapita-makanan-sebulan-menurut-kab-kota.html

https://satudata.pontianak.go.id/dataset/data-jumlah-umkm-di-kota-pontianak

https://sippn.menpan.go.id/instansi/165287/pemerintah-kota-pontianak/dinas-koperasi-usaha-mikro-dan-perdagangan-kota-pontianak

https://www.pontianak.go.id/pontianak-hari-ini/warta-kota

Jahroni, J., Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234-10241.

Liswandany, F., Supriyono, S., & Fitriyah, Z. (2021). Pengaruh Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Dolan Kopi Surabaya. Seiko: Journal of Management & Business, 4(2), 71-80.

Ningrum, A. S., & Suryoko, S. (2018). Pengaruh Harga, Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Peacockoffie, Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 164-173.

Nizam, et al (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal EMA, 5(2), 100-109.

Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Laksbang Pressindo.

Pengenggar, G., Hidayat, W., & Nurseto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen “Warung Kopi Tunjang Cafe and Restaurant” Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 155-163.

Riyanto, M. (2021). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategi), 2.

Sandra, C. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pilona. EMaBi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 93-109.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. dan Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Gava Media.

Wulan, W. S., et al. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Restoran Kayu Manis Tuban), Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38. 176–183.

Yuniarso, A., & Pujiastuti, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus Koultoura Coffee, Jakarta Barat). Analisa Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan ke Jungle Land Theme Park Sentul, Bogor, 18.

Diterbitkan

2024-12-31

Terbitan

Bagian

Articles