Perancangan Aplikasi Pembelajaran Akademis Berbasis Visual pada Town for Kids Preschool Pontianak

Authors

  • Allen Tanjaya

Abstract

Seseorang sejak usia dini hendaknya diberikan pembekalan atas segala hal yang akan dihadapisehari-hari. Pembekalan ini dapat bersumber dari lingkungan yang disebut sekolah. Sekolahmenyediakan fasilitas yang menunjang suatu kegiatan pembelajaran dapat berlangsung denganbaik agar setiap murid dapat menerima dan mengerti hal-hal yang diberikan oleh guru.Fasilitas yang disediakan dapat berupa perangkat ajar yang bersifat interaktif. Penelitiandilakukan untuk membantu pembelajaran yang berlangsung pada Town for Kids PreschoolPontianak. Bagi guru, aplikasi yang dirancang diharapkan memudahkan cara pengajaran.Sedangkan bagi murid, aplikasi diharapkan dapat memudahkan murid menerima bahanpelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara danobservasi yang ditujukan kepada staf pengajar dan pimpinan. Hasil dari penelitianmenunjukkan kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran dan dalam menilai tingkatkepahaman anak terhadap topik yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian adalah diperlukansuatu perangkat ajar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan dukungan multimedia,diharapkan perangkat ajar yang dirancang dapat mendukung proses pembelajaran dalamkelas. Pada Town for Kids Preschool Pontianak, perangkat ajar ini dapat berupa programkomputer yang memuat topik pembelajaran secara umum. Penilaian tingkat kepahaman anakjuga merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar sehingga perangkat ajarini harus memiliki bagian yang dapat membantu guru mengukur tingkat kepahaman anak.

Downloads

Published

14-05-2016

Issue

Section

Articles