Pengaruh Struktur Aktiva, Return On Asset Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Avelin Tance Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, return on asset, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 111 perusahaan. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu perusahaan yang tercatat dalam sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia, perusahaan dengan initial public offering (IPO) sebelum tahun 2017, mempublikasikan laporan keuangan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh 61 perusahaan sebagai sampel dalam penelitian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, dan uji hipotesis dengan software SPSS 25. Penelitian ini menghasilkan nilai R square sebesar 0,354 atau 35,4 persen, sisanya 0,646 atau 64,6 persen struktur modal dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji t menunjukan bahwa struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal, return on asset berpengaruh negatif terhadap struktur modal, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap struktur modal.

References

Srimindarti, C. & Hardiningsih, P. (2017). Pengaruh Struktur Aset Perusahaan Terhadap Struktur Modal diModerasi Profitabilitas. Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti, 1(1). 348-360.

Suherman, P.R. & Mardiyati, U. (2019). Pengaruh Struktur aset, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal di Moderasi oleh Ukuran Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 369-281.

Suweta, N.M.N.P.D. & Dewi, M.R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur aktiva dan Pertumbuhan Aktiva terhadap Struktur Modal. Jurnal Manajemen, 5(8), 5172-5199.

Watung, S.K.A. Saerang, S.I. & Tasik, D.H.H. (2016). Pengaruh Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 4(2), 726-737.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles