Analisis Pengaruh Green Accounting, Firm Size, Dan Growth Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Energi Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Felicia Aurela Adeline Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green accounting, firm size, dan growth terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sektor Energi di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi sebanyak 75 Perusahaan Sektor Energi di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditentukan diperoleh sampel akhir sebanyak 33 perusahaan dengan jumlah data yang diperoleh selama lima tahun pengamatan sebanyak 165 data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa firm size dan growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan green accounting tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Maryam, S., Mus, A.R., & Priliyadi, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. CESJ: Center of Economic Students Journal, 3(1), 91-109.

Puspita, N.S. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009 (Studi Kasus pada Sektor Industri Food and Beverage). Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang.

Suryandani, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1, 49-59.

Wiagustini, N.L.P. (2014). Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Denpasar: Udayana University Press.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles