Analisis Pengaruh Financial Distress, Growth Opportunity, Dan Profitability Terhadap Accounting Conservatism Pada Perusahaan Sektor Energi Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Rendi Oktavianus Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress, growth opportunity, dan profitability terhadap accounting conservatism. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi dokumenter. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor energi di Bursa Efek Indonesia tahun 2016–2020 dengan populasi sebanyak 73 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria  perusahaan yang sudah IPO sebelum tahun 2016 dan melaporkan data laporan keuangan sesuai variabel yang diteliti. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 21 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan financial distress, growth opportunity, dan profitability berpengaruh negatif signifikan terhadap accounting conservatism.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Utama, I. Y. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Leverage, Growth Opportunities dan Ukuran Perusahaan terhadap Konservatisme Akuntansi. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Watts & Zimmerman. (1986). Positive Accounting Theory: A Ten Years

Perspective. Journal of Accounting Review. Vol.65 No. 1 pp 131-156.

Yustika, Y. (2015). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Operating

Capacity dan Biaya Agensi Manajerial terhadap Financial Distress. JOM

FEKON. Vol. 2, No.2.

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles