Pengaruh Asset Structure,Growth Opportunity, Firm Size, Dan Profitability Terhadap Capital Structure Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Veronika Yuliani Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh asset structure, growth opportunity, firm size, dan profitability terhadap capital structure pada perusahaan sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 54 perusahaan tahun 2016 sampai dengan 2020. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa growth opportunity dan firm size berpengaruh positif terhadap capital structure, sedangkan asset structure dan profitability berpengaruh negatif terhadap capital structure pada perusahaan sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini terbatas laporan keuangan periode akhir selama 5 tahun dengan bantuan aplikasi SPSS. Penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel-variabel independen lain yang secara teori dapat mempengaruhi capital structure serta memperluas populasi, sampel ,dan kriteria pada perusahaan yang berbeda dari penelitian ini.

References

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Azlina, N. (2009). Pengaruh TingkatPerputaran Modal Kerja , Struktur Modal, Dan Skala Perusahaan Terhadap Profitabilitas. Pekbis Jurnal, 109.

Denziana, A., & Yunggo, E. D. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Danu Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate And Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol 8, No. 1, 54.

Dewi, N. T., & Dana, I. M. (2017). Pengaruh Growth Opportunity, Likuiditas, Non-Debt Tax Shield Dan Fixed Asset Ratio Terhadap Struktur Modal . E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 2, 2017: 772-801 .

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles