Pengaruh Intensitas Modal, Audit Tenure, Dan Konservatisme Akuntansi Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Johan Hadikusuma Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Laporan keuangan digunakan sebagai sumber informasi suatu perusahaan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai keadaan keuangan perusahaan kepada pihak internal atau pihak eksternal pada tahun berjalan. Hal ini dapat menyebabkan manajemen melakukan praktik akuntansi yang berorientasi pada laba untuk mencapai kinerja tertentu. Laba yang tidak menunjukkan informasi kinerja manajemen yang sebenarnya menyebabkan pengambilan keputusan yang salah oleh pihak pengguna laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas modal, audit tenure, dan konservatisme akuntansi terhadap  kualitas laba. Jenis penelitian ini dengan merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel adalah 32 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah intensitas modal dan konservatisme akuntansi berpengaruh  negatif terhadap kualitas laba, sedangkan audit tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas laba pada perusahaan sektor infrastruktur di Bursa Efek Indonesia.

References

Virga, P.H,. & Ni, N.A.T. (2022). Pengaruh Ukuran Kap, Audit Tenure, Spesialisasi Auditor dan Auditor Capacity Stress terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Wahlen, James M., Baginski, Stephen P., and Bradshaw, Mark T. (2015). Financial Reporting, Financial Statement Analysis, and Valuation. 8th Edition. United States of America: Cengage Learning

Watts, Ross.L. (2003b). Conservatism in Accounting. Part II: Evidance and Research Opportunities. Accounting Horizons 4, 287-301.

Wijaya, A.L. (2012). Pengukuran Konservatisme Akuntansi: Sebuah Literatur Review. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan 1 (1): 100-105.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles