COST VOLUME PROFIT (CVP) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PT INDO TAMBANGRAYA MEGAH, Tbk DAN ENTITAS ANAK

Rossy Marvita

Abstract


PT Indo Tambangraya Megah, Tbk. adalah perusahaan pemasok batubara terkemuka Indonesia untuk pasar energi dunia dan merupakan produsen utama batubara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penjualan minimal perusahaan dan untuk mengetahui perencanaan laba perusahaan menggunakan analisis cost volume profit. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter dengan objek penelitian pada PT Indo TambangRaya Megah, Tbk. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis Break Even Point, Margin of Safety, dan operating leverage.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah PT Indo Tambangraya Megah, Tbk sudah menerapkan analisis Cost Volume Profit dengan cukup optimal. Laba yang diperoleh oleh PT Indo Tambangraya Megah, Tbk dan Entitas Anak pada tahun 2006 yaitu US$91,019,000.00, dan terus meningkat di tahun berikutnya. Namun tahun 2010 laba usaha mengalami penurunan begitu juga di tahun 2012 dan 2013. Walaupun begitu total penjualan perusahaan terus mengalami kenaikan khususnya di tahun 2010 sampai tahun 2013. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya perusahaan meminimalkan biaya yang dikeluarkan, sehingga dapat meningkatkan Margin of Safety dan perusahaan sebaiknya memperhatikan asumsi yang mendasari agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan.


Full Text:

P1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.