ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PRICE EARNING RATIO PADA SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Belliena Belliena

Abstract


Pada variabel terikat menggunakan Price Earning Ratio yang membandingkan laba setelah pajak dengan jumlah saham beredar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset dan Good Corporate Ratio dengan menggunakan variabel kepemilikan saham institusional, komisaris independen, direksi, dan komite audit terhadap Price Earning Ratio. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu sembilan perusahaan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi untuk melihat data-data dilaporan keuangan dan tahunan pada sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Data diuji menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis.
Berdasarkan uji asumsi klasik semua data dinyatakan normal, tidak terjadi masalah heteroskedastistas, tidak terjadi autokorelasi, dan tidak terjadi multikolinearitas. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian hipotesis pada uji T diketahui bahwa return on asset dan good corporate governance (kecuali direksi) berpengaruh negatif terhadap price earning ratio pada sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI. Pada uji F, return on asset dan good corporate governance tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap price earning ratio.


Full Text:

p47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.