Pengaruh Growth Opportunity, Ukuran Perusahaan, Cash Conversion Cycle, dan Financial Leverage terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Mulyana Mulyana Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh growth opportunity, ukuran perusahaan, cash conversion cycle, dan financial leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014 sampai dengan 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling perusahaan memenuhi kriteria sebanyak 34 sampel perusahaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini telah memenuhi uji regresi berganda. Kemampuan variabel independen (growth opportunity, ukuran perusahaan, cash conversion cycle, dan financial leverage) memberikan penjelasan terhadap variabel dependen (profitabilitas) sebesar 56 persen dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa growth opportunity tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Cash conversion cycle dan financial leverage berpengaruhi negatif terhadap profitabilitas. Adapun saran yang diberikan penulis adalah penelitian selanjutnya dapat menggunakan model pengukuran lain dalam mengukur profitabilitas, seperti return on equity, return on investment, net profit margin, dan sebagainya. Hal ini dapat digunakan sebagai pembanding model yang tepat dalam penggunaan proksi profitabilitas.

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Articles