Analisis Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Felisia Felisia Program Studi Akuntansi STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas (return on assets) dapat mempengaruhi nilai perusahaan dan apakah corporate social responsibility dapat memoderasi pengaruh profitabilitas (return on assets) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Bentuk penelitian adalah penelitian asosiatif dengan objek penelitian Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI tahun 2012-2016 yang terdiri dari 41 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling dengan kriteria yakni perusahaan yang melakukan IPO sebelum tahun 2013 pada BEI, tidak berpindah sektor selama periode penelitian dan melakukan pengungkapan CSR dalam laporan tahunan perusahaan. Berdasarkan kriteria tersebut, maka sampel penelitian adalah 33 perusahaan. Metode analisis yang digunakan untuk variabel moderasi adalah Moderate Regression Analysis. Berdasarkan hasil pengujian bahwa ROA berpengaruh terhadap nilai perusahaan, CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan CSR mampu memoderasi hubungan antara ROA dengan nilai perusahaan dengan arah positif.Kata Kunci: Return on assets, corporate social responsibility, dan Tobin’s Q

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles