https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/issue/feed BIS-MA (Bisnis Manajemen) 2023-10-31T00:00:00+00:00 LPPM Universitas Widya Dharma [email protected] Open Journal Systems <div class="t pg-1m0 pg-1x0 pg-1h4 pg-1ya pg-1ff1 pg-1fs3 pg-1fc0 pg-1sc0 pg-1ls0 pg-1ws0">Jurnal Bis-Ma bertujuan memublikasikan hasil penelitian dan pemikiran mahasiswa Program Studi Manajemen dalam kajian manajemen keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.</div> https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7381 Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Atmosphere Hotel Dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Aston Di Pontianak 2023-07-29T08:15:16+00:00 Kristina [email protected] <p>Persaingan antar perusahaan saat ini sangat ketat, sehingga manajemen perusahaan berupaya untuk memberikan rencana pemasaran yang kreatif dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan mampu memberikan pengalaman unik kepada pelanggannya. Perusahaan harus mampu menciptakan suatu ide baru yang dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel nilai pelanggan, <em>atmosphere hotel </em>dan <em>experiential marketing </em>terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Aston di Pontianak. Adapun besarnya populasi dalam penelitian ini adalah tercatat sebesar 28.490 pada tahun 2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai pelanggan, <em>atmosphere hotel </em>dan <em>experiential marketing </em>berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7383 Analisis Pengaruh Citra Toko, Harga Kompetitif Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Swalayan Garuda Mitra Di Pontianak 2023-07-29T08:17:02+00:00 Chi Putra [email protected] <p>Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh citra toko, harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra Pontianak, untuk terus meningkatkan kunjungan ke Swalayan maka dilakukannya analisis citra toko, meliputi barang dagang, promosi, kenyamanan, pelayanan toko dan fasilitas toko, analisis harga kompetitif, meliputi harga yang sesuai dengan kualitas, hrga yang terjangkau, harga yang bersaing dan potongan harga, dan analisis daya tarik promosi, meliputi keunikan konsep kegiatan promosi, atribut promosi yang menarik, promosi yang mudah mendapat perhatian dan promosi yang membuat penasaran dan keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak yang meliputi mantap dalam membeli, membeli tanpa menunda, membeli tanpa bertanya-tanya terlebih dahulu dan berani menggambil resiko pembelian. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, peyebaran kuesioner kepada konsumen yang berbelanja pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah konsumen yang pernah berbelanja di Swalayan Garuda Mitra Pontianak, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode <em>purposive sampling </em>dengan jumlah 120 responden. Teknik analisa data yang digunakan yaitu metode kuantitatif, berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel citra toko berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak, Harga kompetitif berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak, dan daya tarik promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7385 Pengaruh Bauran Produk, Kepercayaan Pelanggan Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotek Mulia Di Pontianak 2023-07-29T08:18:38+00:00 Antonius Alvin Sabandap [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh bauran produk, kepercayaan pelanggan, dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian. Pengolahan data menggunakan program <em>Statistical Product and Services Solution</em> (SPSS) versi 25. Teknik analisis dan pengujian data yang digunakan yaitu alat ukur Skala <em>Rating</em>, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan analisis regresi linear berganda beserta uji hipotesis uji F dan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,518 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat dengan nilai <em>Adjusted R Square </em>sebesar 24,90 persen. Penelitian menunjukkan bahwa bauran produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan pelanggan dan harga kompetitif berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7387 Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Seng Merk Lgg Pada CV Indomat Di Pontianak 2023-07-29T08:20:32+00:00 Maria Sandika [email protected] <p>Perkembangan dunia bisnis pada era globalisasi ini telah berjalan dengan dinamis dan pesat dengan semakin bertambahnya bisnis-bisnis baru. Persaingan bisnis yang ketat membuat pelaku bisnis selalu berusaha untuk mempertahankan bisnisnya dan bersaing untuk mencari pelanggan baru. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian seng merk LGG pada CV Indomat di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 responden dengan kriteria yang pernah membeli seng merk LGG pada CV Indomat di Pontianak lebih dari satu kali menggunakan metode Slovin. Analisa yang digunakan adalah analisa linear berganda yang menggunakan program yang bernama SPSS (<em>Statistical Program For Social Science</em>) versi 25. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik (Normalitas, Heteroskedastisitas, Multikolinearitas, dan Autokorelasi), uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua variabel bebas dan variabel terikat dinyatakan valid sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV Indomat di Pontianak. Saran yang dapat diberikan adalah mempertahankan kualitas produk serta harga yang terjangkau sehingga promosi yang di lakukan dapat tepat sasaran guna meningkatkan minat beli konsumen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7389 Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan Pasien Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rumah Sakit Berjalin Jeumpa Di Pontianak 2023-07-29T08:22:13+00:00 Astrit Yolanda [email protected] <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan Pasien dan Nilai Pelanggan Teradap Keputusan Menggunakan Jasa Ruma Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan <em>interview </em>(wawancara), kuesioner (angket), dan studi dokumenter. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling </em>dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan program SPSS versi 23. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uju F dan uji T. Hasil pengujian menunjukan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja layanan, kepercayaan pasin dan nilai pelanggan brpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak.&nbsp; Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah untuk mempertahankan kinerja layanan dan kepercayaan pasien sehingga dapat meningkatkan nilai pelanggan terhadap keputusan menggunakan jasa rumah sakit. Ada pun saran yang dapat saya berikan kepada&nbsp; untuk &nbsp;rumah sakit diharapkan untuk dapat meningkatkan kinerja layanan, seperti sikap karyawan dalam memberikan layanan yang baik kepada pasien. Sehingga kinerja layanan rumah sakit akan terus terkesan baik sesuai dengan yang diharapkan. Rumah Bersalin Jeumpa Pntianak sudah mendapatkan kepercayaan dari pasien diharapkan pihak rumah sakit menjaga kepercayaan tersebut dengan menjaga reputasi rumah sakit dengan lebih meningkatkan lagi kepercayaan pasien, seperti mampu menangani dengan lebih baik lagi dengan melayani pasien serta memahami keinginan pasien.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7391 Analisis Pengaruh Brand Image, Kinerja Layanan Dan Promotion Mix Terhadap Minat Menabung (Studi Kasus Credit Union Keling Kumang Kantor Pusat Di Tapang Sambas Kabupaten Sekadau) 2023-07-29T08:23:46+00:00 Marselina Ayu [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh <em>Brand Image</em>, Kinerja Layanan dan <em>Promotion Mix</em> Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Keling Kumang Kantor Pusat di Tapang Sambas Kabupaten Sekadau. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Keling Kumang Kantor Pusat di Tapang Sambas Kabupaten Sekadau, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan model SPSS 22 <em>(Statistical Product and Service Solutios). </em>Hasil penelitian ini secara simultan menunjukan variabel <em>brand image</em>, kinerja layanan dan <em>promotion mix</em> berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7393 Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Borneo Di Pontianak 2023-07-30T15:23:35+00:00 Krismonika [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Borneo di Pontianak.Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak enam puluh (60) responden. Medote analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linerar berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 25 (<em>Statistical Program For Social Science, 22). </em>Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja, lingkungan kerja dan budaya&nbsp; organisasi terhadap kinerja karyawan Hotel Boreno Pontianak. Hasil dari uji T menunjukan bahwa motivasi kerja, lingkungan kerja dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karaywan. Dari hasil analisisi dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa motivasi kerja, lingkungan kerja dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Borneo Pontianak.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7395 Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Le Minerale Pada PT. Cipta Niaga Semesta Di Pontianak 2023-07-30T15:25:25+00:00 Henny [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harga kompetitif, <em>brand image</em> dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk&nbsp; Le Minerale pada PT. Cipta Niaga Semesta di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Jumlah sampel sebanyak seratus sembilan puluh (190) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (<em>Statistical Program For Social Science</em>, 22). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas) uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa harga kompetitif, <em>brand image</em> dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk&nbsp; Le Minerale pada PT. Cipta Niaga Semesta di Pontianak. Saran dari peneliti untuk PT. Cipta Niaga Semesta agar dapat lebih memperhatikan variasi dari produk yang dijualkan kepada outlet dan perusahaan dapat lebih meningkatkan kinerja karyawan dalam memproduksi produk yang lebih kreatif.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7397 Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat L’agie Pada PT Surya Abadi Persada Di Pontianak 2023-07-30T15:26:53+00:00 Sherina Riady [email protected] <p>Persaingan dan perubahan permintaan pasar menuntut industri makanan dan minuman harus dapat memenuhi kepuasan konsumen sehingga kegiatan pemasaran produk sangat memerlukan penetapan strategi yang tepat. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel kualitas produk dan citra merek dapat mempengaruhi keputusan pembelian menjadi meningkat. Keputusan pembelian yang meningkat akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti bagaimana hubungan variabel kualitas produk dan citra merek dalam mendukung terjadinya variabel keputusan pembelian pada produk cokelat L’agie. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Pontianak yang pernah melakukan pembelian produk cokelat L’agie dan jumlah sampel 144 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode <em>accidental sampling</em>. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS (<em>Statistical Product and Service Solution</em>) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7399 Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Kantor Unit Kembayan Kabupaten Sanggau 2023-07-30T15:28:28+00:00 Masrita Ria Erna [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan nasabah, dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah BRI kantor unit Kembayan Kabupaten Sanggau. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas dengan pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi penelitian ini adalah responden yang telah menjadi nasabah pada BRI kantor unit Kembayan Kabupaten Sanggau. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>dengan jumlah sampel 200 responden. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan metode skala rentang (<em>rating scale)</em> serta pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan nasabah, dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan nasabah, dan citra peruhasaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7401 Analisis Pengaruh Produk Kompetitif, Daya Tarik Lokasi Dan Kinerja Layanan Terhadap Minat Beli Pada Restoran American Fried Chicken Pontianak 2023-07-30T15:30:13+00:00 Willy Brordus Willy Gideon [email protected] <p>Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk kompetitif, daya tarik lokasi dan kinerja layanan terhadap minat beli pada restoran American Fried Chicken Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan restoran American Fried Chicken. Dalam penelitian ini ditarik sampel sebanyak 100 data yang diperoleh melalui teknik <em>Purposive Sampling</em>. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>sampling purposive</em>, jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa <em>software</em> <em>s</em><em>tatistical Program For Social Science</em> (<em>SPSS</em>) versi 22. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa variabel produk kompetitif, daya tarik lokasi dan kinerja layanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada pihak restoran adalah pihak restoran perlu mengoptimalkan serta menjaga kualitas produk yang hendak ditawarkan kepada konsumen, menyediakan <em>billboard </em>agar restoran mudah ditemukan dan dikenali serta menyediakan lahan parkir kendaraan yang luas, memberikan dan mempertahankan pelayanan yang optimal, melengkapi dan menyediakan layanan fasilitas yang memadai, serta tersedianya jaringan internet gratis bagi pelanggan. Dengan demikian apabila seluruh proses tersebut sudah dilaksanakan sepenuhnya maka akan berpengaruh positif pada minat beli.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7403 Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menabung Anggota Pada Credit Union Keling Kumang Kantor Pusat Di Tapang Sambas Kabupaten Sekadau 2023-07-30T15:31:40+00:00 Rosalia Ema Tutut [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, <em>brand image</em> dan <em>word of mouth</em> terhadap keputusan menabung anggota <em>Credit Union</em> Keling Kumang Kantor Pusat di Tapang Sambas Kabupaten Sekadau. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling</em> dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan <em>rating scale</em> dengan bantuan <em>Statistical Product and Service Solution (SPSS) </em>versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, <em>brand image</em> dan <em>word of mouth</em> secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap variabel keputusan menabung anggota.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7405 Analisis Brand Image, Kinerja Layanan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Untuk Menginap Pada Hotel My Home Di Pontianak 2023-07-30T15:33:00+00:00 Yanuarius [email protected] <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>brand image</em>, kinerja layanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan untuk menginap pada Hotel My Home di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang datang untuk menginap di Hotel My Home Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling</em> dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan <em>rating scale</em> dengan bantuan <em>Statistical Product and Service Solution (SPSS) </em>versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel <em>brand image</em>, kinerja layanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan untuk menginap. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik <em>brand image</em>, kinerja layanan dan daya tarik promosi yang dibangun oleh hotel maka akan meningkatkan keputusan untuk menginap.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7407 Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T15:34:28+00:00 Derian Theniago [email protected] <p>Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh <em>leverage</em>, profitabilitas, <em>sales growth </em>terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sektor <em>Property </em>dan <em>Real Estate</em> di Bursa Efek Indonesia. Sampel berjumlah 44 perusahaan dengan kriteria IPO sebelum tahun 2015. Analisis dengan model regresi linier berganda menunjukkan bahwa <em>leverage </em>dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan <em>sales growth </em>tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ketiga variabel independen dalam penelitian ini dapat menjelaskan perubahan variabel dependen sebesar 37,4 persen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7409 Analisis Kepercayaan Anggota, Daya Tarik Promosi Citra Koperasi Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Credit Union Kusapa Kabupaten Sanggau 2023-07-30T15:35:58+00:00 Aprilili Reni Gusniaty [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan anggota, daya tarik promosi, dan citra koperasi terhadap keputusan menjadi anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota <em>Credit Union</em> Kusapa kabupaten Sanggau. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan kepercayaan anggota, daya tarik promosi dan citra koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,808 yang menunjukkan pengaruh kepercayaan anggota, daya tarik promosi dan citra koperasi terhadap keputusan menjadi anggota sebesar 80,80 persen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7411 Pengaruh Current Ratio, Return On Assets, Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Otomotif Dan Komponen Otomotif Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T15:37:12+00:00 Emeliana Ria [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh <em>current ratio</em>, <em>return on assets</em>, dan <em>firm size</em> terhadap nilai perusahaan. Objek yang diteliti adalah sembilan Perusahaan Subsektor Otomotif dan Komponen Otomotif di Bursa Efek Indonesia periode 2016 sampai 2020. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi asosiatif dengan metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Pengujian menggunakan model regresi OLS. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa <em>current ratio</em> dan <em>firm size</em> tidak terdapat pengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan <em>return on assets</em> berpengaruh positif. Sumbangan pengaruh dari variabel independen yang diteliti terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 58,7 persen dan didapatkan hubungan yang kuat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi 0,785.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7413 Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Assets Tangibility Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T15:38:26+00:00 Frengky [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, <em>assets tangibility </em>dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan. Metode penentuan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling </em>dengan jumlah 19 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan bentuk penelitian asosiatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi. Data penelitian dioleh dengan menggunakan <em>software </em>SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan sangat kuat antar variabel, profitabilitas, likuiditas dan <em>assets tangibility</em> berpengaruh terhadap struktur modal dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7415 Analisis Pengaruh Total Asset Turn Over, Capital Expenditure, Return On Assets Dan Firm Size Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non Primer Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T15:39:40+00:00 Anggun Milenia [email protected] <p>Kajian ini bertujuan mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh <em>total asset turn over</em>, <em>capital expenditure</em>, <em>return on assets</em> dan <em>firm size</em> terhadap struktur modal. Peningkatan atau penurunan <em>total asset turn over</em>, <em>capital expenditure</em>, <em>return on assets</em> dan <em>firm size</em> akan menentukan keputusan perusahaan dalam menggunakan utang sebagai sumber pendanaan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Analisis data menggunakan program <em>Statistical Product and Services Solution</em> (SPSS) versi 23. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) serta uji hipotesis (uji F dan uji t). Penelitian ini menunjukkan <em>total asset turn over</em> dan <em>return on assets</em> berpengaruh negatif terhadap struktur modal. <em>Capital expenditure</em> tidak berpengaruh terhadap struktur modal. <em>Firm size</em> berpengaruh positif terhadap struktur modal.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7417 Analisis Pengaruh Karakteristik Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Credit Union Bonaventura Pusat Nyarumkop Singkawang Timur 2023-07-30T15:40:56+00:00 Irmawati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan dari budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada <em>Credit Union</em> Bonaventura Singkawang Timur. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 99 orang yang merupakan seluruh karyawan pada <em>Credit Union</em> Bonaventura Singkawang Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan pengujian data dilakukan dengan menggunakan program <em>SPSS</em> versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada <em>Credit Union</em> Bonaventura Pusat Nyarumpok Singkawang Timur. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik budaya organisasi, maka akan semakin baik produktivitas kerja karyawan.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7419 Analisa Kinerja Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada China Construction Bank Indonesia KCP Juanda Pontianak 2023-07-30T15:42:21+00:00 Kalista Apra Prisela [email protected] <p>China Construction Bank Indonesia KCP Juanda Pontianak merupakan lembaga keuangan yang berbentuk koperasi simpan pinjam. Sama halnya dengan lembaga keuangan lainnya China Construction Bank Indonesia KCP Juanda Pontianak menawarkan berbagai produk simpanan, pinjaman dan juga layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan menjadi nasabah pada China Construction Bank Indonesia KCP Juanda Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah China Construction Bank Indonesia KCP Juanda Pontianak. Teknik pengambilan data sampel menggunakan <em>purposive sampling</em> dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak&nbsp; 80 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program <em>SPSS</em> versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kinerja layanan, promosi dan lokasi memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel keputusan menjadi nasabah.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7421 Analisis Pengaruh Firm Size, Price Earning Ratio, Earning Per Share Dan Return On Assets Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Wholesale Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T15:43:46+00:00 Yunny Sisilia [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh <em>firm size</em>, <em>price earning ratio</em>, <em>earning per share</em> dan <em>return on assets</em> terhadap harga saham. Populasi pada penelitian ini pada Perusahaan Sub Sektor <em>Wholesale </em>di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 hingga 2020 degan total 47 perusahaan. Metode pengambilan sampel adalah metode<em> purposive sampling </em>dengan jumlah enam belas perusahaan. Penulis menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t.&nbsp; Pengolahan data menggunakan program <em>Statistical Product and Services Solution</em> (SPSS) versi 26. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif <em>firm size</em>, <em>earning per share</em> dan <em>return on assets</em> terhadap harga saham, sedangkan <em>Price Earning Ratio </em>(PER) tidak berpengaruh terhadap harga saham.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7423 Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Produk Inovatif Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada CU Keluarga Kudus Di Pontianak 2023-07-30T15:45:13+00:00 Yopita Diana [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, kualitas pelayanan&nbsp; dan produk inovatif terhadap keputusan menjadi nasabah pada CU Keluarga Kudus di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan metode <em>probability sampling</em>. Pengumpulan data dangan cara menyebarkan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan&nbsp; menggunakan pengukuran skala likert. Alat yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program <em>SPSS</em> versi 22. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapa diketahui bahwa variabel Daya Tarik Promosi, Kualitas Pelayanan dan Produk Inovatif yang telah diuji menggunakan uji korelasi uji regresi linear berganda, uji F dan uji t berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada&nbsp; CU Keluarga Kudus Pontianak.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7425 Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan, Daya Tarik Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pt Anzon Autoplaza Di Pontianak 2023-07-30T15:46:57+00:00 Steven Setiawan [email protected] <p>Semakin berkembangnya teknologi otomotif di Indonesia, membuat perusahaan semakin berfikir untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk bisa bersaing dengan perusahaan lainnya, tetapi konsumen juga bisa menuntut apa yang mereka inginkan agar produk yang mereka beli bisa memuaskan dan membuat mereka senang. Menghadapi gencarnya persaingan di bidang pemasaran, maka harus menciptakan produk yang bisa membuat konsumen bisa tertarik untuk membeli produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap mobil Avanza yang dijual di Perseroan Terbatas (PT) Anzon Autoplaza di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah hubungan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah <em>purposive sampling</em>. Dengan sempel 100 responden yang telah menggunakan mobil Avanza. Hasil pengujian uji F digunakan bahwa model regresi linear adalah layak dan dapat digunakan dalam penelitian. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas hubungan pelanggan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan untuk daya tarik promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Diharapkan Perseroan Terbatas (PT) Anzon Autoplaza harus mencari faktor lain yang dapat meningkatkan penjualan mobil Avanza, dengan hanya kualitas hubungan pelanggan dan kualitas produk yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7427 Analisis Pengaruh Citra Rumah Sakit, Aksesibilitas Lokasi Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Pontianak 2023-07-30T15:48:23+00:00 Yuliana Angela Fertylia [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra rumah sakit, aksesibilitas lokasi dan daya tarik promosi terhadap keputusan menggunakan jasa rumah sakit bersalin Jeumpa Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang ditentukan berdasarkan metode <em>mulivariate</em>. Teknik analisis data menggunakan metode linier berganda dengan bantuan <em>Statistical Product and Service Solution (SPSS) </em>versi 25. Berdasarkan hasil pengujian kelayakan model (uji F) dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel citra rumah sakit, aksesibilitas lokasi dan daya tarik promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa citra rumah sakit, aksesibilitas lokasi dan daya tarik promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7429 Pengaruh Monday Effect Dan Rogalski Effect Pada Return Saham Perusahaan LQ45 Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T15:50:52+00:00 Tho Phin Sius [email protected] <p>Anomali pasar merupakan peristiwa <em>abnormal </em>yang bertentangan dengan teori pasar efisien, seperti <em>Monday effect </em>dan Rogalski <em>effect. </em>Fenomena <em>Monday effect </em>sudah kenal di beberapa negara dengan rata-rata <em>return </em>diperoleh lebih rendah dibanding hari perdagangan lainnya, namun penelitian Rogalski <em>effect </em>masih memiliki hasil yang beragam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena <em>Monday effect </em>dan Rogalski <em>effect </em>pada <em>return </em>saham di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian asosiatif dan metode pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Objek penelitian ini adalah 29 perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan dengan model regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan <em>software</em> SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi fenomena <em>Monday effect </em>dan Rogalski <em>effect </em>pada <em>return </em>saham di Bursa Efek Indonesia. Manfaat dari penelitian untuk menambah informasi dan pemahaman mengenai <em>Monday effect, </em>Rogalski <em>effect</em>, dan <em>return </em>saham.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7431 Analisis Orientasi Kewirausahaan Dan Keunggulan Penciptaan Nilai Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kuliner Di Kota Pontianak 2023-07-30T15:52:31+00:00 Adrian Spencer Lourentino [email protected] <p>Penelitian merupakan sebuah pengujian dari analisis orientasi kewirausahaan dan keunggulan penciptaan nilai terhadap kinerja pemsaran UMKM kuliner di Kota Pontianak. Jumlah UMKM kuliner di Kota Pontianak terus berkembang menuntut kemampuan bersaing dalam memasarkan produknya. penelitian ini menggunakan asosiatif. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Data penelitian ini adalah 75 responden UMKM kuliner di Kota Pontianak. Hasil penelitian bahwa orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh positif, keunggulan penciptaan nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sebaiknya UMKM kuliner di Kota Pontianak meningkatkan keunikkan produk, kualitas produk, dan kualitas tempat dengan keinginan konsumen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7433 Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Santo Antonius Di Pontinanak 2023-07-30T15:56:10+00:00 Yulita Ela [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Rumah Sakit Umum Santo Antonius di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak seratus lima orang (105) dari populasi karyawan non-medis pada rumah sakit umum santo antonius di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>dengan tambahan menggunakan teknik <em>slovin </em>untuk sampel minimal dari total populasi karyawan non-medis pada rumah sakit umum santo antonius di pontianak. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 22 (<em>Statistical Program For Social Science</em>, 22). Hasil penelitaian menunjukan bahwa komitmen organisasi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp; kinerja karyawan pada Rumah Sakit Umum Santo Antonius di Pontianak. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik komitmen organisasi dan budaya organisasi, maka semakin baik pula kinerja karyawan.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7435 Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CU Khatulistiwa Bakti Pontianak 2023-07-30T15:58:30+00:00 Silvanus [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode penelitian analisis asosiatif pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi dokumenter. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah <em>sampling sensus</em> dimana semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 30 orang. Data yang didapatkan oleh peneliti kemudian diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 23 <em>(Statistical Program for Social Science 23). </em>Hasil uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi, lingkungan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak dilihat dari Fhitung 63,555 lebih besar dari 2,92. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa budaya organisasi, lingkungan kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7437 Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Daya Tarik Promosi Dan Keunggulan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Di Kota Pontianak 2023-07-30T16:00:31+00:00 Hilaria Netiwulan Dari [email protected] <p>Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pengungkapan nilai pelanggan, daya Tarik promosi dan keunggulan produk terhadap keputusan menjadi anggota. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pada CU Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat di Kota Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu&nbsp; <em>Statistical Product and Servise Solutions </em>(SPSS) versi 23. Penguji data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik normalitas dan heterokedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear sederhana, uji t dan uji F. Hasil penguji yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua <em>instrumen</em> pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi anggota. Variabel&nbsp; daya Tarik promosi berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi anggota. dan variabel keunggulan produk berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi anggota.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7439 Analisis Pengaruh Brand Image, Inovasi Layanan, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menginap Kembali Pada Hotel My Home Pontianak 2023-07-30T16:02:04+00:00 Fredy Siswanto [email protected] <p>Persaingan dunia bisnis saat ini semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan setiap perusahaan harus bersaing dalam mendapatkan keuntungan. Salah satu bisnis yang memiliki persaingan yang cukup ketat yaitu bisnis di sektor perhotelan dan akomodasi. Seiring berjalannya waktu, perkembangan bisnis perhotelan semakin meningkat baik dan pesat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel <em>brand image</em>, inovasi layanan, dan daya tarik promosi terhadap keputusan menginap kembali pada Hotel My Home Pontianak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan konsumen yang pernah menginap di Hotel My Home Pontianak. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisa yang digunakan adalah analisa linear berganda yang menggunakan program bernama SPSS (<em>Statistical Program for Social Science</em>) versi 22. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengujian validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil pengujian validitas dan realibilitas menunjukkan bahwa semua variabel bebas dan variabel terikat dinyatakan valid dan reliable. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand image, inovasi layanan, daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap kembali pada Hotel My Home Pontianak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh <em>brand image</em>, inovasi layanan, daya tarik promosi dapat memberikan kepuasan dan kontribusi terhadap keputusan menginap kembali.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7441 Analisis Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (ADMK) Merek Blu9 Pada PT Cahaya Abda Sentosa Pontianak 2023-07-30T16:03:46+00:00 Agung Prasektia [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Brand Image</em> dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek blu9 Pada PT Cahaya Abda Sentosa Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas dengan pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Populasi penelitian ini adalah responden umum masyarakat di kota Pontianak yang diambil berdasarkan hasil penjualan produk Air minum dalam kemasan (AMDK) merek blu9 yang diproduksi oleh PT Cahaya Abda Sentosa Pontianak. Untuk teknik pengambilan sampel mengunakan teknik <em>purposive sampling</em> dengan jumlah sampel 100 responden. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala <em>Rating </em>serta pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji F menunjukan bahwa variabel <em>brand image </em>dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Uji t menunjukakan bahwa <em>brand image, </em>dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7443 Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kualitas Hubungan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Fashion Di Kota Pontianak 2023-07-30T16:05:16+00:00 Jimmy Robinson [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pelanggan, Kualitas Hubungan dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM <em>fashion</em> di Kota &nbsp;Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>Purposive Sampling.</em> Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Orientasi Pelanggan berpengaruh signifikan, Kualitas Hubungan berpengaruh singnifikan dan Keunggulan Produk berpengaruh signifikan yang diuji menggunkan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t terhadap Kinerja Pemasaran. Saran yang diberikan penulis adalah pelaku UMKM <em>fashion</em> harus memiliki kemampuan lebih dalam meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi terhadap Orientasi Pelanggan, Kualitas Hubungan dan Keunggulan Produk untuk meningkatkan skala prioritas yang tinggi dalam menjalankan bisnis sehingga dapat memperkuat semua bentuk usaha <em>fashion</em> yang dijalankan serta bertujuan untuk menghasilkan Kinerja Pemasaran yang optimal.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7445 Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Aston Di Pontianak 2023-07-30T16:06:49+00:00 Haryati Melly Maretea [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan signifikan dari disiplin kerja dan kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aston di Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak tujuh puluh delapan (78) orang yang merupakan seluruh karyawan pada Hotel Aston di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dan pengujian data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 22<em> (Statistical Program For Social Science, 22). </em>Hasil penelitian menujukkan bahwa disiplin kerja dan kompetensi karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aston di Pontianak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik disiplin kerja dan kompetensi karyawan, maka semakin baik pula kinerja karyawan.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7447 Analisis Pengaruh Working Capital Turnover, Total Assets Turnover, Financial Leverage, Dan Growth Opportunity Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-30T16:08:05+00:00 Regina [email protected] <p>Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh <em>working capital turnover, total assets turnover, financial leverage</em>, dan <em>growth opportunity</em> terhadap profitabilitas pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indoneisa. Penelitian yang dilakukan merupakan bentuk penelitian hubungan kausal. Populasi yang digunakan sebanyak 52 perusahaan dengan jumlah sampel sejumlah 39 perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi liniear berganda, uji f dan uji t. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa <em>working capital turnover</em> dan <em>debt to equity ratio</em> berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Sedangkan <em>total assets turnover</em> dan <em>growth opportunity</em> berpengaruh positif terhadap profitabilitas.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7449 Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk Citra Lembaga Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Keluarga Kudus Di Pontianak 2023-07-30T16:09:26+00:00 Albertus Riski [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk citra lembaga dan daya tarik promosi terhadap minat menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pada Credit Union Keluarga Kudus di Pontianak. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan &nbsp;menggunakan teknik <em>slovin</em> sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program &nbsp;(<em>SPSS 22</em>). Hasil pengujian data yang dilakukan menunjukkan daya tarik produk, citra lembaga dan daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,826 &nbsp;yang menunjukkan pengaruh daya tarik produk, citra lembaga dan daya tarik promosi terhadap minat menabung sebesar 82,60 persen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7451 Analisis Pengaruh Brand Trust, Daya Tarik Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Makanan Ringan Di Kota Pontianak 2023-07-30T16:10:56+00:00 Fransiska Filomina [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Brand Trust</em>, Daya Tarik Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling </em>dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program <em>SPSS</em> versi 23. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel <em>brand trust</em>, daya tarik produk dan keunggulan bersaing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukkan bahwa <em>brand trust,</em> daya tarik produk dan keunggulan bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7453 Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Nilai Pelanggan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Kota Pontianak 2023-07-31T07:51:18+00:00 Marsela Susi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel orientasi pelanggan, nilai pelanggan dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM <em>Fashion </em>di Kota Pontianak. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) <em>Fashion</em> di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) <em>fashion </em>di Kota Pontianak. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pelanggan, nilai pelanggan dan daya tarik promosi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Saran yang dapat diberikan bagi pelaku usaha UMKM <em>Fashion</em> di kota Pontianak harus berani melakukan perubahan pada produk <em>Fashion</em> dengan meningkatkan kualitas dan model pakaian yang terbaru, menambah bahan pada produk yang sudah ada, dan meningkatkan pelayanan dengan baik kepada konsumen karena konsumen melihat pelayanannya yang bisa memberi rasa puas saat membeli. Selain itu pelaku usaha harus berani dalam mengambil keputusan untuk menghadapi risiko terhadap pesaing lain, serta selalu mencari informasi dan memanfaatkan peluang yang ada dan mampu membuat produk sesuai dengan keinginan konsumen serta mampu meningkatkan kinerja pemasarannya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) <em>Fashion</em> di kota Pontianak.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7455 Pengaruh Profitabilitas, Fixed Assets Ratio, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-31T07:52:35+00:00 Oktaviana [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, <em>fixed assets ratio</em>, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Analisis pada 58 Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia dengan metode <em>purposive sampling</em>. Bentuk penelitian asosiatif. Hasil penelitian diketahui bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan <em>fixed assets ratio</em> dan likuiditas berpengaruh negatif. Kemampuan model dalam memberikan penjelasan terhadap struktur modal sebesar 59,6 persen.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7457 Analisis Pengaruh Firm Size, Debt To Equity Ratio, Dan Total Assets Turnover Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non Primer Di Bursa Efek Indonesia 2023-07-31T07:54:31+00:00 Stevany Alisia [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh <em>Firm Size</em>, <em>Debt to Equity Ratio</em>, <em>Total Assets Turnover</em> terhadap Profitabilitas perusahaan Sektor Barang Konsumen Non Primer di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bersifat asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em> dengan kriteria (1) laporan keuangan lengkap 2016-2020 yang telah diaudit, (2) perusahaan telah melakukan <em>Initial Public Offering</em> (IPO) sebelum 2016 dan serta (3) data lengkap untuk keseluruhan variabel. Teknik analisis data dan pengujian data dilakukan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisa linear berganda, uji F, uji t, dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai <em>Adjusted R Square</em> sebesar 0,408 atau 40,8 persen. Nilai signifikansi dari <em>firm size</em> sebesar 0,001 dan memiliki arah positif. Nilai signifikansi dari <em>debt to equity ratio</em> sebesar 0,000 dan memiliki arah negatif. Nilai signifikansi dari <em>total assets turnover</em> sebesar 0,326 dan memiliki arah positif.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen) https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/view/7459 Pengaruh Financial Flexibility, Business Risk, Dan Assets Structure Terhadap Capital Structure Pada Perusahaan Sektor Energi di Bursa Efek Indonesia 2023-07-31T07:56:44+00:00 Melianti [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>financial flexibility, business risk</em>, dan <em>assets structure</em> terhadap <em>capital structure</em>. Sebanyak 33 Perusahaan Sektor Energi di Bursa Efek Indonesia menjadi objek penelitian sampai dengan tahun 2020. Metode yang digunakan adalah asosiatif dengan model regresi OLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa model penelitian yang dibangun layak dan terdapat korelasi searah dan cukup kuat antara <em>financial flexibility, business risk</em>, dan <em>assets structure</em> dengan <em>capital structure</em>. <em>Financial flexibility</em> ditemukan memiliki pengaruh negatif terhadap <em>capital structure </em>perusahaan, sedangkan <em>business risk</em> dan <em>assets structure</em> tidak berpengaruh. Perusahaan dengan ketersediaan dana yang semakin besar dapat menurunkan ketergantungan pada pendanaan eksternal berupa utang. Kemampuan ketiga variabel independen dalam memberikan penjelasan terhadap perubahan <em>capital structure</em> perusahaan sebesar 16,8 persen.</p> 2024-04-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 BIS-MA (Bisnis Manajemen)