Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Daya Tarik Promosi Dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Coffee Shop Di Kota Pontianak

Penulis

  • Ria Marbun Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, daya tarik promosi dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Coffee Shop di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan pengukuran rating scale. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Coffee Shop. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Pengujian data variabel dalam penelitian ini dilakukan melalui pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sedangkan variabel daya tarik promosi dan keunggulan produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles