Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Grand Mahkota Pontianak

Penulis

  • Natalius Setiawan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Grand Mahkota Pontianak baik secara simultan maupun secara parsial. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen pada Hotel Grand Mahkota Pontianak. Untuk menentukan sampel dengan menggunakan teknik purposive samping yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan yang diperlukan. Sampel adalah bagian dari dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Pada penelitian ini penulis menentukan sampel sebanyak 120 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25 tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksplanatif, jenis penelitian ini berbentuk metode asosiatif. Hasil analisis uji F (Simultan) dan uji t (Parsial) pada penelitian ini menunjukkan bahwa Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif dan Kepercayaan Pelanggaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Grand Mahkota Pontianak. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa variabel Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif dan Kepercayaan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Grand Mahkota Pontianak.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles