Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Inovasi Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kafe Dan Resto Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, inovasi produk dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kafe dan Resto di Kota Pontianak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pemilik usaha UMKM Kafe dan Resto. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengguanakn teknik simple random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan dengan pengukuran rating scale. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences Version 24 (SPSS 24). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel kualitas layanan, inovasi produk dan harga kompetitif yang di uji dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskesdastisitas, uji korelasi, uji r square, uji regresi linear berganda, uji f dan uji t memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.