Pengaruh Orientasi Pesaing, Inovasi Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kuliner Cafe Di Kota Pontianak

Penulis

  • Intan Berliani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pesaing, inovasi produk dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kuliner cafe di Kota Pontianak. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dan menggunakan skala rentang (rating scale). Perolehan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pelaku usaha UMKM kuliner cafe di Kota Pontianak yang berjumlah 119 responden. Analisis data menggunakan alat bantu Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi pesaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Harga kompetitif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles