Pemanfaatan Media Sosial “Instagram” sebagai Alternatif Media Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Agustinus Tantiono Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Dalam hal proses pembelajaran yang dilakukan selama ini, umumnya akan berhubungan dengan cara belajar konvensional yang cenderung membosankan dan harus bergantung dengan mentor atau tenaga pengajar dalam proses pembelajaran. Pada masa perkembangan media sosial yang semakin pesat, fungsi dari media sosial itu sendiri yang awalnya untuk mewadahi komunukasi jejaring sosial perlahan berkembang mengikuti perkembangan IT dan berinovasi menjadi banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk berbagai hal. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram. Awalnya instagram berfungsi untuk mewadahi pengguna dalam membagikan foto agar dapat dilihat oleh pengguna lain diseluruh dunia. Saat ini terdapat banyak kegiatan dan fungsi yang disediakan pada media sosial instagram seperti mengunggah video, menggunggah story dengan fungsi-fungsi tambahan didalamnya. Hingga fungsi chat dan grup chat. Fungsi yang semakin beragam pada instagram membuat tenaga pengajar seperti guru maupun dosen dapat bersosialisasi dengan murid atau mahasiswa termasuk membagikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Instagram dianggap mampu untuk digunakan sebagai media evaluasi antara guru dan murid hingga dosen dan mahasiswa seperti memberikan latihan atau kuis.

Downloads

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles