Dampak Pembaharuan Layanan melalui Bauran Promosi terhadap Kinerja Pemasaran Pelaku UMKM di Kota Pontianak (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Berbasis Penjualan Online di Kota Pontianak)
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja inovasi layanan melalui bauran promosi terhadap kinerja pemasaran UMKM di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunankan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pedagang kaki lima berbasis penjuaaln online di kota pontianak dan penggunaan aplikasi gojek. Analisis data menggunakan teknik skala likert (1-5) yang diolah menggunakan aplikasi ilmiah SPSS statistik versi 24. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja pembaharuan layanan dan bauran promosi terhadap kinerja pemasaran serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja pembaharuan layanan terhadap bauran promosi sebagai peran mediasi.