Perancangan Aplikasi Pembelajaran Akademis Berbasis Visual pada Town for Kids Preschool Pontianak
Abstract
Seseorang sejak usia dini hendaknya diberikan pembekalan atas segala hal yang akan dihadapi
sehari-hari. Pembekalan ini dapat bersumber dari lingkungan yang disebut sekolah. Sekolah
menyediakan fasilitas yang menunjang suatu kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan
baik agar setiap murid dapat menerima dan mengerti hal-hal yang diberikan oleh guru.
Fasilitas yang disediakan dapat berupa perangkat ajar yang bersifat interaktif. Penelitian
dilakukan untuk membantu pembelajaran yang berlangsung pada Town for Kids Preschool
Pontianak. Bagi guru, aplikasi yang dirancang diharapkan memudahkan cara pengajaran.
Sedangkan bagi murid, aplikasi diharapkan dapat memudahkan murid menerima bahan
pelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara dan
observasi yang ditujukan kepada staf pengajar dan pimpinan. Hasil dari penelitian
menunjukkan kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran dan dalam menilai tingkat
kepahaman anak terhadap topik yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian adalah diperlukan
suatu perangkat ajar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan dukungan multimedia,
diharapkan perangkat ajar yang dirancang dapat mendukung proses pembelajaran dalam
kelas. Pada Town for Kids Preschool Pontianak, perangkat ajar ini dapat berupa program
komputer yang memuat topik pembelajaran secara umum. Penilaian tingkat kepahaman anak
juga merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar sehingga perangkat ajar
ini harus memiliki bagian yang dapat membantu guru mengukur tingkat kepahaman anak.