Perancangan Perangkat Ajar Pembelajaran Matematika untuk TK Berbasis Bahasa Inggris Pada Sekolah Kristen Kalam Kudus Pontianak

Authors

  • Jane Natalia Fajarai

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu perangkat ajar matematika untuk
TK berbasis Bahasa Inggris yang dapat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif. Hal ini perlu dilakukan mengingat tuntutan penggunaan teknologi yang semakin maju di segala bidang. Sehingga perlu adanya perangkat ajar yang dapat mengimbangi kebutuhan teknologi ini di bidang pendidikan khususnya untuk pendidikan usia dini.
Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode hubungan kausal eksperimental. Penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi langsung dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah DAD (Diagram aliran Data). Proses pembuatan perangkat ajar ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan Adobe Flash CS3, dengan database menggunakan Microsoft Access 2003.
Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa Sekolah Kristen Kalam Kudus
Pontianak memerlukan suatu perangkat ajar yang interaktif untuk mendukung proses belajar
mengajar di kelas. Penggunaan perangkat ajar ini diharapkan dapat membantu dalam
penyampaian materi, pemberian soal latihan dan mempermudah dalam proses penyimpanan nilai siswa.
Adapun saran-saran yang diberikan oleh penulis adalah mengenai pengembangan alur
penyampaian materi melalui cerita sehari-hari, perlunya pelatihan penggunaan perangkat ajar, dan perlunya menambahkan aplikasi untuk mendukung perangkat ajar ini.

Downloads

Published

14-05-2016

Issue

Section

Articles