Analisis dan Perancangan E-Government pada Inspektorat Daerah Kabupaten Pontianak
Abstract
Pengembangan e-Government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan e-Government, diharapkan dapat menata sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Pontianak dengan mengoptimasikan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi serta tersedianya informasi yang dapat diakses masyarakat. Tersedianya informasi serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten Pontianak dengan proses yang tepat waktu dan akurat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dalam bentuk studi kasus pada Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Pontianak sebagai objek penelitian untuk menghimpun data.
Hasil penelitian ini berupa sebuah rancangan usulan website serta Sistem Informasi Manajemen Inspektorat Daerah yang dapat menyajikan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan seperti penyediaan informasi pengawasan, pemerintahan, pengaduan masyarakat serta informasi lainnya bagi masyarakat. Selain itu rancangan Sistem Informasi Manajemen Inspektorat Daerah juga diharapkan dapat membantu pengawai dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dan dapat mengelola arsip-arsip dinas serta pendataan informasi atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Inspektorat Daerah Kabupaten Pontianak.