Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, dan Profitabilitas, terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif. Teknik penentuan sampel dengan purposive sampling sehingga dari jumlah 36 perusahaan yang memenuhi kriteria hanya tiga puluh perusahaan. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Pengolahan data dengan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan penjualan dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.