Pengaruh Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kebijakan hutang, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Bentuk penelitian menggunakan penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Penentuan sampel dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 12 perusahaan. Pengolahan data menggunakan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan hutang berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dari koefisien regresi sebesar -1,343 dan nilai signifikansi kurang dari 5 persen. pada variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,156 dan nilai signifikansi kurang dari 5 persen. pada variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dari kofisien regresi sebesar 0,190 dan nilai signifikansi lebih dari 5 persen.
Kata Kunci: Kebijakan Hutang, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.