Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio dan Firm Size terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menguji pengaruh earning per share, price earning ratio dan firm size terhadap harga saham pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen di Bursa Efek Indonesia. Teknik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution 22 (SPSS 22). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel earning per share berpengaruh negatif terhadap harga saham. sedangkan variabel price earning ratio dan firm size tidak berpengaruh terhadap harga saham. Variabel earning per share, price earning ratio dan firm size mampu menjelaskan pengaruh terhadap harga saham sebesar 11,8 persen. Dengan demikian untuk penelitian selanjutnya, agar dapat meneliti variabel lain yang belum diuji dalam model penelitian ini karena terbukti masih ada pengaruh variabel lain untuk diteliti sebesar 88,2 persen.
Kata Kunci: Earning Per Share, Price Earning Ratio, Firm Size, Harga Saham