Perilaku Sticky Cost dan Pengaruhnya terhadap Prediksi Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan penelitian asosiatif, dan dilakukan untuk mengetahui perilaku sticky cost dan pengaruhnya terhadap prediksi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2011 sampai dengan 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi: statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Variabel bebas dalam penelitian perilaku sticky cost adalah biaya penjualan, biaya administrasi dan umum, serta harga pokok penjualan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penjualan bersih dan dummy penjualan bersih. Hasil penelitian ini adalah biaya operasi yang terdiri dari biaya penjualan dan biaya administrasi dan umum bersifat sticky, harga pokok penjualan yang tidak bersifat sticky, dan terdapat pengaruh antara perilaku sticky cost terhadap prediksi laba, sehingga sticky cost mengurangi keakuratan prediksi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci: Perilaku Sticky Cost dan Prediksi Laba.