Pengaruh Return on Equity, Inventory Turnover, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Salah satu tujuan setiap perusahaan adalah untuk mendapatkan laba yang maksimal. Keberhasilan dalam mencapai tujuan sebuah perusahaan merupakan prestasi manajemen dan sebagai dasar untuk menilai kinerja perusahaan yang bisa dijadikan sebagai standar untuk pengambilan keputusan baik pihak internal maupun pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on equity, inventory turnover, dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2011 sampai dengan 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif hubungan kausal. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on equity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan inventory turnover dan pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh.
Kata Kunci: Profitabilitas, Aktivitas, Corporate Social Responsibility, Tobins’q.