Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Likuiditas, Pertumbuhan Laba, dan Investment Opportunity Set terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Dessy Voren

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, likuiditas, pertumbuhan laba, dan investment opportunity set terhadap kualitas laba. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Ukuran perusahaan dilihat dari total aset yang dimiliki perusahaan. Struktur modal diukur menggunakan debt to equity ratio. Likuiditas diukur menggunakan current ratio. Pertumbuhan laba diukur dari laba bersih setelah pajak. Sedangkan investment opportunity set diukur menggunakan market value to book value of assets ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Metode analisis menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas laba, struktur modal berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan likuiditas, pertumbuhan laba, dan investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.

 

Kata Kunci: ukuran perusahaan, struktur modal, likuiditas, pertumbuhan laba, investment opportunity set, dan kualitas laba.


Full Text:

p267-278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.