Pengaruh Sales Growth, Capital Structure, Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Bahan Baku Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan pada suatu perusahaan. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang digunakan adalah Sales Growth, Capital Structure, dan Firm Size. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumenter. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 90 perusahaan sektor bahan baku di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 52 perusahaan. Teknik analisis data berupa analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji kalayakan model dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sales Growth berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, variabel Capital Structure berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan dan variabel Firm Size berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor bahan baku di Bursa Efek Indonesia.