Analisis Pengaruh Struktur Aktiva, Current Ratio, Pertumbuhan Penjualan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, current ratio, pertumbuhan penjualan, dan kebijakan dividen terhadap struktur modal. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor konsumen primer di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Populasi penelitian ini berjumlah 111 perusahaan konsumen primer di bursa efek indonesia (BEI) dengan mengakses webside resmi Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga sampel akhir yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 24 perusahaan. Penulis menganalisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program statistical product and service solutions (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini adalah struktur aktiva, dan current ratio berpengaruh negatif terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan dan kebiajakan dividen tidak berpengaruh terhadap struktur modal.
References
Suherman, Purnamasari, R., & Mardiyanti, U. (2019). Pengaruh Struktur Aset, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 369-381.
Udayani, D., & Suaryana, I. N. (2013). Pengaruh Profitabilitas, dan Investment Opportunity Set Pada Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi Udayana, 2(1), 299-314.
Zuliani, S., & Asyik, N. F. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aset, dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Riset Akuntansi, 2(7).
Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.