Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitability, Dan Cash Holding Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Dibursa Efek Indonesia

Authors

  • Maria Angelika Sehrennuary Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, profitability, dan cash holding terhadap firm value pada perusahaan sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investment opportunity set profitability dan cash holding berpengaruh positif terhadap firm value.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3): 355-374.

Sudiani, N. K. A. & Darmayanti,N. P. A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, dan Investment Opportunity Set. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4545-4574.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryandani, A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada perusahaan Sektor Property Dan Real Estate. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1), 49-59.

Wijaya, A. L. (2011). Perbedaan Cash Holding Pada Perusahaan Dengan Leverage Tinggi Dan Rendah. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 57-62.

Wirdayanti., Reniati., & Saputra. D. (2022) The Effect of Leverage, Company Size, Inflation Rate, and Cash Holding on Company Value (The Case in Hotel, Restaurant and Tourism Sub-Sector Companies Listed on the IDX for the 2017-2020 Period). Department of Management Faculty of Economics, 2(4), 367-380.

Published

2024-05-10

Issue

Section

Articles