KEUANGAN UNTUK MENILAI TINGKAT KEBANGKRUTAN DENGAN METODE ALTMAN Z-SCORE PADA PT CENTRAL PROTEINAPRIMA, Tbk. DAN ENTITAS ANAK

Oktaviani Oktaviani

Abstract


PT Central Proteinaprima, Tbk. dan Entitas Anak merupakan perusahaan akuakultur yang bergerak di bidang pakan dan makanan olahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kinerja keuangan berdasarkan analisis diskriminan Altman Z-Score serta untuk mengetahui risiko kebangkrutan berdasarkan Cut Off Point yang ditetapkan oleh Edward I. Altman pada PT Central Proteinaprima, Tbk. dan Entitas Anak. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus bersifat deskriptif dengan objek penelitian laporan keuangan PT Central Proteinaprima, Tbk. dan Entitas Anak dari tahun 2009 sampai dengan 2013. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi dokumenter. Penulis mengumpulkan data-data perusahaan yang diperlukan dalam proses penelitian serta yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yaitu laporan keuangan PT Central Proteinaprima, Tbk. dan Entitas Anak tahun 2009 sampai dengan tahun 2013.
Berdasarkan hasil analisis dengan metode Altman Z-Score, nilai Z-Score pada tahun 2009 sampai dengan 2013 terdapat kemungkinan perusahaan mengalami kebangkrutan karena berada di daerah yang sangat rawan. Namun pada tahun 2013 perusahaan menunjukkan adanya perbaikan sehingga nilai Z-Score meningkat namun tetap berada dalam kondisi kesulitan keuangan yang serius. Penyebab penurunan ini adalah meningkatnya utang lancar dari tahun 2009 sampai dengan 2012, diiringi penurunan total aktiva, laba ditahan, EBIT, dan harga pasar per lembar saham. Saran-saran yang dapat penulis berikan sebaiknya perusahaan segera mengambil tindakan korektif untuk mencegah terjadinya kebangkrutan dengan pengelolaan biaya operasional.


Full Text:

P1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.