PENGARUH PERPUTARAN ASET TETAP TERHADAP PERPUTARAN MODAL KERJA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA

Marlina Marlina

Abstract


Aset tetap dan modal kerja memiliki peranan penting karena berhubungan langsung dengan kegiatan operasional perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat perputaran aset tetap dan perputaran modal kerja serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perputaran aset tetap terhadap perputaran modal kerja perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada BEI dari periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak enam perusahaan dari populasi sebanyak enam belas perusahaan. Teknik analisis data menggunakan alat bantu program IBM SPSS versi tujuh belas berupa analisis regresi linier sederhana, uji t, uji koefisien determinasi, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tingkat perputaran aset tetap tertinggi perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada BEI tahun 2009 hingga tahun 2013 yaitu PT Delta Djakarta, Tbk. sebesar 9,21 kali Sedangkan tingkat perputaran aset tetap terendah yaitu PT Davomas Abadi, Tbk. yaitu sebesar 0,18 kali. Tingkat perputaran modal kerja tertinggi perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada BEI tahun 2009 hingga tahun 2013 yaitu PT Sekar Laut, Tbk. yaitu sebesar 17,12 kali, Sedangkan tingkat perputaran modal kerja terendah PT Delta Djakarta, Tbk. yaitu sebesar 0,17 kali. Selain itu juga diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan antara tingkat perputaran aset tetap terhadap perputaran modal kerja. Saran-saran dari peneliti, seharusnya jumlah aset tetap disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan harus terdapat pengawasan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan modal kerja.


Full Text:

P1368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.