PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PADA PT BANK NEGARA INDONESIA, Tbk. DAN ENTITAS ANAK DENGAN PT BANK INTERNASIONAL INDONESIA, Tbk. DAN ENTITAS ANAK

Fitria Yofiani

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan PT Bank Negara Indonesia, Tbk. dan Entitas Anak Dengan PT Bank Internasional Indonesia , Tbk. dan Entitas Anak melalui analisis rasio keuangan. Tujuan penelitian adalah untuk membandingkan kinerja keuangan kedua bank. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang bersifat studi komparatif dan teknik pengumpulan data adalah menggunakan data sekunder yaitu data keuangan selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 pada kedua perusahaan tersebut.
Berdasarkan hasil perhitungan rasio-rasio keuangan sesuai pada komponen dalam metode CAMELS pada PT Bank Negara Indonesia, Tbk. dan Entitas Anak Dengan PT Bank Internasional Indonesia, Tbk. dan Entitas Anak dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014, PT Bank Negara Indonesia, Tbk. dan Entitas Anak Dengan PT Bank Internasional Indonesia, Tbk. dan Entitas Anak adalah bank yang sehat. Walaupun demikian, pada Bank Negara Indonesia dan Bank Internasional Indonesia, memiliki kelemahan pada perhitungan BOPO, dan pada PT Bank Negara Indonesia, Tbk. dan Entitas Anak memiliki kelemahan di rasio BOPO dengan hasil perhitungan rasio yang tidak memenuhi ketentuan rasio yang sehat yang ditetapkan Bank Indonesia yang tercantum dalam surat edaran Bank Indonesia No. 6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004. Oleh karena itu, penulis memberikan saran, yaitu bank perlu memperhatikan kualitas aktiva dengan menekan biaya operasional dan non operasional, serta penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk pembaca supaya lebih mengenal permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan tingkat kinerja keuangan bank.


Full Text:

P1268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.