PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN TOTAL AKTIVA TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk. dan ENTITAS ANAK

Authors

  • Susi Tania

Abstract

PT Indofood Sukses Makmur, Tbk. dan Entitas Anak merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri Food and Baverage. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran persediaan, perputaran piutang, dan perputaran total aktiva terhadap ROA pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk. dan Entitas Anak, baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis hubungan kausal (eksperimental). Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis rasio dan analisis data dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Anlisis data dengan SPSS terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis statisitik. Analisis statistik terdiri dari analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi linear berganda, koefisien determinasi berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah perputaran persediaan, perputaran piutang, dan perputaran total aktiva berpengaruh signifikan terhadap ROA melalui uji simultan dengan nilai yang diperoleh dari korelasi linear berganda sebesar 0,622 dan koefisien determinasi sebesar 38,69 persen yang menunjukkan bahwa variabel bebas memberikan konstribusi terhadap variabel terikat sebesar 38,69 persen. Sedangkan dari uji parsial, perputaran persediaan, perputaran piutang, dan perputaran total aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Dari kesimpulan tersebut, disarankan agar dilakukan perbaikan dalam manajemen persediaan karena penambahan persediaan barang jadi tidak diimbagi dengan peningkatan penjualan, yang menyebabakan rasio perputaran persediaan menurun. Jadi akan lebih baik modal yang ditanamkan dalam persedian bisa dialihkan untuk kegiatan lain yang bisa memberikan keuntungan lebih kepada perusahaan. Selain itu, disarankan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, meningkatkan kualitas produk, dan lain-lain untuk mengatasi penurunan ROA.

Downloads

Published

2016-10-11

Issue

Section

Articles