Analisis Pengaruh Growth Opportunity, Ukuran Perusahaan dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh growth opportunity, ukuran perusahaan dan risiko terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia dan sampel penelitian sebanyak 16 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Bentuk penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal. Data diperoleh dari laporan keuangan yang telah diaudit dan telah dipublikasikan selama periode 2015 sampai periode 2019 dan data tersebut diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia di www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan growth opportunity tidak mempunyai pengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan ukuran perusahaan serta risiko bisnis berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Ketiga variabel independen tersebut dapat memberikan penjelasan terhadap struktur modal sebesar 5,9 persen dan sisanya 94,1 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dianalisa pada model penelitian ini.