Analisis Pengaruh Capital Expenditure, Growth Opportunity, Investment Opportunity Set dan Profitability terhadap Firm Value pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh capital expenditure, growth opportunity, investment opportunity set dan profitability terhadap firm value. Populasi penelitian ini berjumlah 27 perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sampel 19 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi dan determinasi, serta pengujian kelayakan model menggunakan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa capital expenditure yang diproksikan dengan rasio capex, growth opportunity yang diproksikan dengan perubahan total aset, profitability yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap firm value. di sisi lain, Investment opportunity set yang diproksikan dengan Market to book value of equity (MVBVE) berpengaruh positif terhadap firm value.