Analisis Pengaruh Sales Growth, Cash Conversion Cycle, Dan Current Ratio Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales growth, cash conversion cycle dan current ratio terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu 39 perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia dan sampel 23 perusahaan dengan penentuan berdasarakan motede purposive sampling dengan kriteria perusahaan IPO sebelum tahun 2015 dan tidak suspend dari tahun 2015-2019 serta memiliki komponen yang diteliti. Dalam menganalisis data yang ada, penulis menggunakan program IBM SPSS versi 22. Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi. Pembahasan didahului dengan analisis statistik deskriptif, pengujian asumsi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, penentuan regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi, uji statistik F (uji kelayakan model) dan uji statistik t (uji signifikansi parameter individual). Hasil analisis menunjukkan bahwa sales growtth dan current ratio tidak berpengaruh terhadap return on assets, sedangkan cash conversion cycle berpengaruh positif.