Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Capital Intensity Terhadap Tarif Pajak Efektif (ETR) Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan capital intensity terhadap tarif pajak efektif. Metode penelitian menggunakan bentuk penelitian asosiatif dengan alat bantu program SPSS versi 22 dan diuji menggunakan metode regresi linear berganda. Populasi sektor industri barang konsumsi dalam penelitian ini berjumlah 53 perusahaan. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria, perusahaan sudah IPO pada tahun 2015, menerbitkan laporan keuangan konsolidasian yang telah diaudit dari tahun 2015 s.d 2019, serta mengalami laba selama periode penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan, ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh negatif terhadap ETR sedangkan profitabilitas dan capital intensity tidak berpengaruh terhadap ETR. Selain itu, kemampuan ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan capital intensity dalam menjelaskan dan mempengaruhi ETR dalam penelitian ini adalah sebesar 6,4 persen, sedangkan sisanya 93,6 persen dijelaskan dan dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian. Adapun saran penulis kepada peneliti selanjutnya, yakni perlu memeriksa terlebih dahulu terhadap data yang diperoleh sebelum dijadikan sebagai objek penelitian, karena data pada penelitian ini cukup fluktuatif selama periode penelitian sehingga mempengaruhi hasil penelitian yang dilakukan.