Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penulis menggunakan bentuk penelitian assosiatif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan yang diambil pada tahun 2014 sampai dengan 2018. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji asumsi klasik, korelasi koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal dan struktur aktiva berpengaruh positif terhadap struktur modal.