Analisis Pengaruh Cash Conversion Cycle, Struktur Modal, Dan Sales Growth Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cash conversion cycle, struktur modal, dan sales growth terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 perusahaan sub sektor perdagangan besar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian diperoleh sebanyak 23 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian kausalitas dengan permodelan regresi. Dalam menganalisis data yang ada, penulis menggunakan program IBM SPSS versi 22. Pembahasan didahului dengan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, penentuan regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi, uji statistik F (uji kelayakan model) dan uji statistik t (uji signifikansi parameter individual). Hasil analisis menunjukkan bahwa sales growth tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan cash conversion cycle dan struktur modal berpengaruh negatif.