Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dann Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Objek penelitian yang digunakan adalah Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 hingga tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan. Metode penentuan sampel adalah metode purposive sampling dengan jumlah tujuh belas perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Tahapan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis pengaruh, analisis korelasi berganda dan koefisien determinasi, uji kelayakan model (uji F) dan uji signifikansi dan pembahasan. Data penelitian diolah dengan menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.