Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Kepemilikan Institusional terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Hengky Hengky Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 17 perusahaan dengan penentuan berdasarkan motede purposive sampling. Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi. Dalam menganalisis data yang ada, penulis menggunakan program IBM SPSS versi 22. Pembahasan didahului dengan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, penentuan regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi, uji statistik F (uji kelayakan model) dan uji statistik t (uji signifikansi parameter individual). Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Downloads

Published

2023-01-11

Issue

Section

Articles