Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Laba, Leverage, dan Investment Opportunity Set terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penyajian laba yang berkualitas mencerminkan kinerja keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Kualitas laba dapat dijadikan sebagai acuan yang handal bagi pihak eksternal dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, pertumbuhan laba, leverage, dan investment opportunity set terhadap kualitas laba. Bentuk penelitian asosiatif dengan permodelan regresi OLS. Populasi sebanyak 48 Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif likuiditas terhadap kualitas laba, (2) pertumbuhan laba dan investment opportunity set berpengaruh negatif, dan (3) leverage tidak berpengaruh. Perusahaan dengan likuiditas yang semakin baik, pelaporan laba, dan peluang pertumbuhan yang rendah akan terhindar dari penyajian informasi keuangan yang menyesatkan. Kemampuan keempat variabel dalam menjelaskan perubahan kualitas laba sebesar 12,2 persen.