Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Growth Opportunities dan Tangibility terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan, growth opportunities, dan tangibility terhadap struktur modal. Objek penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 sampai dengan 2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu perusahaan yang IPO sebelum tahun 2014. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode asosiatif den teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan asimetri informasi, ukuran perusahaan dan growth opportunities tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan tangibility berpengaruh positif terhadap struktur modal.