Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan dari populasi yang berjumlah 27 perusahaan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, dan koefisien determinasi, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, likuiditas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.