PERLAKUAN PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PT DANAYASA ARTHATAMA Tbk. DAN ENTITAS ANAK TERHADAP KEWAJARAN PENYAJIAN LAPORAN LABA RUGI BERDASARKAN PSAK NO. 23 PERIODE: 2009 s.d. 2013

Viny Alvita

Abstract


Laporan laba rugi merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang disusun secara sistematis tentang pendapatan yang diperoleh, dan beban-beban yang terjadi dalam kegiatan usaha selama periode tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlakuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 23 dalam penyajian laporan laba rugi pada PT Danayasa Arthatama, Tbk. dan entitas anak serta untuk mengetahui faktor-faktor penyebab fluktuasi laba perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk periode 2009 sampai dengan 2013 dapat disimpulkan bahwa laporan laba rugi PT Danayasa Arthatama, Tbk. dan entitas anak yang dilaporkan secara keseluruhan sudah sesuai dengan PSAK No. 23 tentang pendapatan dan beban serta PSAK 34 tentang kontrak konstruksi. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi fluktuasi laba perusahaan antara lain karena pendapatan dari bidang usaha yang dimiliki oleh PT Danayasa Arthatama, Tbk. dan entitas anak yang mengalami fluktuasi dalam beberapa periode tersebut serta terjadinya keuntungan selisih kurs atau kerugian selisih kurs. Disarankan kepada perusahaan untukmenyajikan informasi yang lebih rinci tentang pekerjaan konstruksinya, serta meningkatkan kinerja manajemen dan melakukan inovasi terhadap karya yang dihasilkannya untuk mengatasi terjadinya penurunan pendapatan usaha terutama pendapatan dari kontrak konstruksi.


Full Text:

p221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.