Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Tekstil dan Garmen di Bursa Efek Indonesia
Keywords:
leverage, profitabilitas, firm size, nilai perusahaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari leverage, profitabilitas, dan firm size terhadap nilai perusahaan. Penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Industri Tekstil dan Garmen di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak empat belas perusahaan yang diambil pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan firm size tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.