Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Free Cash Flow, dan Sales Growth terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Cindy Prambanan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set (market to book value of assets), free cash flow dan sales growth terhadap nilai perusahaan. Pengujian dilakukan pada 21 perusahaan sektor industri barang konsumsi di BEI yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Penelitian diolah menggunakan program SPSS versi 22 untuk melakukan pengujian statistic deskriptif, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan investment opportunity set (MBVA), free cash flow, dan sales growth mampu memberikan penjelasan terhadap nilai perusahaan (PBV) sebesar 89,6 persen dan 10,4 persen dipengaruhi oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa investment opportunity set dan sales growth berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan free cash flow tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Investment Opportunity Set, Free Cash Flow, Sales Growth, Nilai Perusahaan

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles